Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Surat Cinta" Prabowo untuk Guru Sampai di Kediri, Relawan Jokowi Bergerak

Kompas.com - 04/07/2014, 16:39 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Beberapa orang yang mengatasnamakan relawan pendukung calon presiden Joko Widodo di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (4/7/2014), bergerak mendatangi kantor Panwaslu setempat. Mereka melaporkan dugaan pelanggaran pemilu oleh kubu calon presiden Prabowo Subianto.

Laporan tersebut mempersoalkan adanya surat pribadi Prabowo yang diterima oleh beberapa guru SD di Kediri. Inti surat tersebut adalah meminta dukungan pencapresan Prabowo dalam Pemilu 2014 ini.

Surat-surat itu diduga merupakan surat yang sama yang sebelumnya menyebar di beberapa daerah lain, seperti di Bojonegoro dan Bandung.

Sunarno, salah seorang relawan, mengaku menemukan surat-surat itu dari beberapa sekolah di Kecamatan Pagu. Surat tanpa dilengkapi identitas maupun alamat pengirim itu sampai di sekolah melalui jasa paket pos. "Diindikasikan masih banyak sekolah lain yang menerima," kata Sunarno.

Sunarno berharap Panwaslu segera bertindak cepat menangani laporan yang dibuatnya agar semakin terang dugaan pelanggaran itu.

Kepala Panwaslu Kabupaten Kediri Muji Harjita berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan mekanisme yang ada. "Kita berpegangan pada Undang-undang 42 Tahun 2008 Pasal 41 ayat 1," kata Muji Harjita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com