Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati: Koalisi Kita Kecil, tetapi Kecil-kecil Cabai Rawit

Kompas.com - 04/07/2014, 13:41 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri memberikan kiasan ikhwal koalisi partai pengusung Jokowi-JK dengan koalisi kubu Prabowo-Hatta ibarat cabai rawit dengan cabai besar.

"Koalisi Jokowi kecil ya?," kata Mega yang mengaku menirukan pertanyaan pendukungnya yang nyinyir melihat peta kekuatan lawan.

Berbicara di depan ribuan kader dan relawan di Apel Siaga 1 PDI Perjuangan untuk Jokowi-JK di Alun-alun Bung Karno, Ungaran, Jumat (4/7/2014) siang, Megawati balik bertanya kepada pendukungnya dengan perumpamaan pedasnya cabai rawit dibanding cabai besar.

"Mana lebih pedas, cabai kecil dengan cabai besar? (Koalisi Jokowi) kecil-kecil cabai rawit," kata Mega.

Meski pasangan Jokowi-JK didukung oleh koalisi yang lebih kecil, yakni PDI-P, Nasdem, PKB, Hanura dan PKPI, namun Megawati yakin dengan semangat juang yang tinggi serta solid, maka Jokowi-JK akan menang.

"Tergantung mental dan semangat juang, sehingga menjadi orang yang berkualitas dan merapatkan diri menjadi kompak. Biar banyak tapi hanya jumlah, tidak jaminan mutu," ungkap Mega berapi-api.

Ia kembali mencontohkan koalisi kecil yang pernah dibangun oleh PDI-P pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 lalu, terbukti mampu mengalahkan kekuatan petahana yang cukup besar.

"Sudah kita buktikan pada Pilgub Jateng, banyak yang mengatakan apalah Ganjar-Heru, dibandingkan incumbent? (Tapi) karena saya percaya warga PDI-P dari struktur sampai simpatisan (solid), alhamdullilah yang saya katakan benar,"

Dalam Apel Siaga 1 PDI Perjuangan untuk Jokowi-JK itu juga dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dan sejumlah elite PDI-P se-Karisidenan Semarang. Acara juga dimeriahkan dua grop Drumblek dari Salatiga dan aksi parasut motor (paramotor) yang membawa spanduk Jokowi-JK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com