Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Kincir Air, Warga Talang Jaya Bisa Nonton TV

Kompas.com - 03/07/2014, 21:06 WIB
Angger Putranto

Penulis

LAMPUNG BARAT, KOMPAS.com - Ada yang berubah dari Warga Talang Anyar, Sumber Jaya, Lampung Barat. Kini, mereka bisa menonton televisi tanpa harus takut mati lampu.

"Dulu listrik hanya untuk menyalakan lampu di teras. Kalau untuk menyalakan televisi, listriknya langsung mati," ujar Suyoto, warga Talang Anyar, Kamis (3/6/2014).

Desa Talang Anyar ialah daerah yang hingga kini belum dialiri Listrik dari PLN seperti daerah-daerah lain pada umumnya. Desa yang dihuni 24 kepala rumah tangga tersebut sejak 2009 mencoba menggembangkan listrik secara swadaya dengan memanfaatkan aliran sungai Talang Jaya yang melintas di daerah tersebut.

"Kami mengembangkan pembangkit listrik tenaga air secara mandiri dengan membuat kincir air dari kayu. Namun kincir air tersebut sering rusak, setiap satu minggu sekali pasti rusak. Bahkan pernah sampai hampir terbakar," lanjut Suyoto.

Dari kincir air sederhana tersebut, warga bisa menikmati listrik berkapasitas 1.400 watt. Namun kini semuanya berubah setelah PLN mendampingi warga di desa tersebut untuk membuat kincir air yang lebih tahan lama dan berkapasitas lebih tinggi.

"Ini bagian dari Program River Care yang ada dalam Program Tangung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dari PT PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan. Melalui program ini kami mendampingi warga untuk merawat aliran sungai agar tetap bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik swadaya," ujar General Manager PT PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan Ruly Firmansyah.

Ruly menambahkan, program ini bersifat sementara hingga PLN resmi mendirikan instalasi listrik ke daerah tersebut. Ia berharap melalui program ini, warga terus terpacu untuk merawat aliran sungai dan listrik di desa tersebut tetap menyala.

Program pendampingan PLN kini benar-benar mengubah kehidupan di Desa Talang Anyar. Sebelum kapasitas listrik meningkat hanya tiga kepala keluarga yang memiliki televisi, sekarang hampir sebagian besar warga sudah memiliki televisi, tanpa harus khawatir mati lampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com