Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Janji Sekolahkan Anak Jalan yang Terjaring Razia

Kompas.com - 03/07/2014, 17:59 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, berjanji akan langsung menyekolahkan anak jalanan yang terjaring razia. Emil-sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku telah menyekolahkan sekira 100 orang anak hasil dari razia yang dilakukan di beberapa perempatan di Kota Bandung beberapa hari lalu.

"Yang berhasil terjaring kita kondisikan dan dimonitor secara langsung oleh kewilayahan dan Dinas Sosial. Mereka wajib sekolah lagi," kata Emil di Bandung, Kamis (3/7/2014).

Emil menilai, setiap anak di Kota Bandung punya hak untuk mengenyam pendidikan. Dia pun tidak ragu untuk mengangkat anak jalanan yang terjaring razia menjadi anak asuh. "Kuncinya, saya kalau nemu anak di jalanan kalau ibunya tidak sanggup ngurus mau saya tarik, kirim ke panti asuhan, sekolahnya saya tanggung," tutur dia.

Anak jalanan seusia sekolah dasar, lanjut Emil, seharusnya disibukkan dengan kegiatan-kegiatan sekolah. Bukan mencari nafkah di jalanan. "Kita razia siang tidak pada sekolah. Mereka menggelandang di jalan dengan doger monyetnya (topeng monyet). Mereka hepi-hepi saja mungkin karena bisa main terus tapi tidak menyadari jangka panjangnya seperti apa," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com