Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Doa untuk Jokowi-JK, Aksa Mahmud Temui Kiai-kiai Lirboyo

Kompas.com - 02/07/2014, 14:12 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Aksa Mahmud, Pembina Relawan Keluarga Nusantara Jokowi-JK, bertandang ke Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri, Jawa Timur, Rabu (2/7/2014). Dia datang untuk meminta doa pencalonan pasangan Jokowi-JK dalam Pemilihan Presiden 2014, 9 Juli mendatang.

Bos Semen Bosowa dan rombongannya itu datang dengan sebuah helikopter dan mendarat di kawasan Pesantren yang terletak di Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto. Aksa kemudian ditemui oleh KH Kafabihi Makhrus, salah seorang pengasuh.

Aksa menyampaikan wacana tentang Hari Santri Nasional yang akan diperingati setiap 1 Muharram yang selama ini berkembang, merupakan gagasan yang berasal dari para kiai yang kemudian diapresiasi oleh Jokowi.

"Pak kiai setuju dengan wacana itu karena usulan Hari Santri Nasional datangnya juga dari para kiai," kata adik ipar Jusuf Kalla ini.

Usulan itu, tambah Aksa, merupakan aspirasi dari yang datang dari masyarakat dan diterima baik oleh Jokowi. Sementara itu, Kafabihi menyampaikan dukungannya dalam pencanangan hari santri. Menurutnya, wacana itu bentuk dari apresiasi terhadap kalangan pesantren yang juga banyak berjasa dalam membangun bangsa.

"Sebagai hari besar atau hari libur itu sudah sewajarnya," kata besan dari pengasuh utama Pesantren Lirboyo, almarhum KH Idris Marzuki, ini.

Terkait tujuan utama kedatangan tamunya itu, menurut Kafabihi, hanyalah untuk meminta doa atas pencalonan Jokowi-JK sebagai calon presiden. Sementara itu, untuk dukungan capres, menurut dia, Lirboyo tetap solid mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com