Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu dan Marka Jalan di Jalur Alternatif Mudik Masih Sedikit

Kompas.com - 01/07/2014, 21:37 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Kalangan DPRD Provinsi Jawa Tengah mulai sangsi terhadap persiapan arus mudik dan balik tahun 2014 di wilayah Jawa Tengah. DPRD menemukan banyak proyek jalan yang masih bermasalah, sebagian di antaranya belum dipasang lampu penerangan jalan dan marka jalan.

“Jalur alternatif yang ada di Pantura Jateng, pantai selatan dan tengah masih belum banyak fasilitas pendukung. Salah satunya, tidak adanya keberadaan marka jalan,” kata Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santosa di Semarang, Rabu (1/7/2014).

Menurut Hadi, pengecatan marka jalan adalah suatu yang penting untuk keselamatan pengendara. Jalur alternatif pun yang juga dipersiapkan sebagai pemecah kemacetan arus mudik juga belum diperbaiki dengan baik.

Hadi menambahkan, masih banyak jalan alternatif yang aada hanya selebar 6-7 meter. Kondisi jalur terkadang diperparah dengan belum adanya drainase dan rambu-rambu jalan.

“Sekarang itu kondisinya pengelolaan jalan yang semula milik kabupaten dipindahkan ke provinsi. Jadi, banyak jalan yang kurang fasilitas pendukung jalan,” paparnya.

Jalur alternatif sendiri saat ini banyak berada di wilayah pegunungan dan hutan. Kondisi demikian membuat relatif sepi, disertai kurangnya lampu penerangan. Kalangan dewan sangat mengkhawatirkan bahaya yang mengancam pengendara.

Jalur alternatif yang baru berdasarkan catatannya ada di ruas Kendal-Weleri-Sukorejo-Temanggung, Banjarnegara- Pemalang, serta jalur Tengah, Purwodadi-Kabupaten Semarang-Kabupaten Sragen.

"Dari 178 ruas jalan di Pantura dan 137 ruas di Pantai Selatan. Sisanya adalah jalur alternatif. Kondisi itu harus ditangani. Untuk itu, kami minta dalam waktu dekat harus ada rambu-rambu sementara dan penerang jalan alternatif tersebut," pinta Hadi.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Urip Sihabudin mengaku hingga saat ini pihaknya tengah berusaha menuntaskan pemasangan rambu lalu lintas pada sejumlah jalan alternatif milik Pemprov. Rambu yang dipasang peringatan dan pembatas jalan.

"Rambu-rambu lalu lintas sudah kami siapkan dan tinggal dipasang," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com