Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Jokowi, Keluarga Ibu Fatmawati Gelar Tari "Ambik Tanah"

Kompas.com - 30/06/2014, 21:20 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Dukungan tehadap calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla terus mengalir. Kali ini berasal dari Keluarga Yayasan Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Senin (30/6/2014).

Deklarasi yang dihadiri ribuan warga tersebut digelar di Persada Bung Karno tak jauh dari kediaman Bung Karno saat diasingkan di Bengkulu pada tahun 1938 hingga 1942. Deklarasi diiringi dengan sebuah tarian "Ambik Tanah", yaitu tarian sakral yang hanya muncul pada saat perayaan Tabut pada bulan Muharam.

"Tarian Ambik Tanah atau mengambil tanah melambangkan kesederhanaan manusia yang pada akhirnya kembali pada sang pencipta," kata pembawa acara mengiringi alunan musik dan tabuhan musik dol semacam bedug kecil.

Tarian ini melambangkan kesederhanaan manusia yang pada akhirnya kembali kepada pangkuan Tuhan atau meninggal. Tarian tabut mengenang gugurnya cucu Rasulullah SAW di Padang Karbela, Husin bin Ali Bin Abi Thalib.

Dalam acara itu, hadir Farida Kalla, adik dari cawapres Jusuf Kalla. Dalam orasinya, dia mengajak warga Bengkulu untuk memenangkan pasangan nomor urut dua denan target 70 persen suara di Provinsi Bengkulu.

"Mari kita dukung Jokowi-JK dengan target perolehan suara 70 persen," ujar Farida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com