Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antar Surat, Dua Staf Bawaslu Mengaku Diperlakukan Tak Menyenangkan di Rumah Amien Rais

Kompas.com - 28/06/2014, 18:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
— Dua orang staf Bawaslu DI Yogyakarta yang menjalankan tugas negara mengantarkan surat pemanggilan ke rumah Amien Rais di Jl Pandean, Sawitsari, Condongcatur, Sleman, mengaku mendapat perlakuan tidak menyenangkan.

Syariful dan Ahmad Amri, anggota pelaksana teknis Bawaslu DIY yang mendapat tugas untuk mengantarkan surat itu, mengaku ditemui oleh tiga orang saat tiba di rumah Amien.

"Kami di luar lalu ada tiga orang yang menemui. Satu perempuan dua laki-laki," ujar Ahmad Amri, Sabtu (28/6/2014).

Kedua laki-laki tersebut, lanjutnya, lantas berbicara kurang mengenakan dengan menyuruh dua anggota Bawaslu duduk di luar atau di atas jok motor.

"Tanah ini saya beli Rp 1 miliar, sana duduk di luar di jok motor," kata Amri menirukan seruan salah satu pria yang menemuinya di rumah Amien Rais.

Keduanya mengaku jengkel dengan perlakuan itu karena apa yang mereka jalankan adalah sebuah tugas negara. Namun demikian, keduanya lantas menyelesaikan tugasnya dengan memberikan surat pemanggilan dari Bawaslu lalu segera pergi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu DIY, Muhammad Najib, menyayangkan peristiwa tidak mmengenakkan yang dialami dua anggota Bawaslu ketika mengantarkan surat ke rumah Amien Rais.

"Saya menyayangkan insiden itu, mereka juga kan anggota Bawaslu," ucap Najib.

Dia menuturkan, kedatangan kedua anggota Bawaslu ke rumah Amien Rais untuk mengantarkan surat panggilan terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu.

"Bawaslu dibentuk negara untuk mengawasi pemilu. Mereka menjalankan tugas negara mengantarkan surat panggilan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bawaslu DIY memanggil Hatta Rajasa beserta tokoh-tokoh tim kemenangan capres dan cawapres nomor urut satu terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu di acara zikir dan pengajian yang digelar di Sportarium Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (25/6/2014) malam.

Tokoh-tokoh tim sukses capres dan cawapres nomor urut satu yang dipanggil yakni Bambang Eka, Hanafi Rais, Amin Rais, Herry Zudianto, dan Gus Miftah. Cawapres Hatta Rajasa yang saat itu hadir dan menjadi pembicara juga turut dipanggil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com