Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cemburu, Pria Ini Bunuh Selingkuhan Istri

Kompas.com - 26/06/2014, 16:05 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Muhamad Suwito (26), warga Kelurahan Pasir Kuda, Kota Bogor, tega menghabisi nyawa Dede Rahmat (28) dengan cara menyabet perut korban menggunakan sebuah celurit.

Menurut Kapolres Bogor Kota, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, Suwito membunuh Dede karena sang istri berselingkuh dengan Dede. "Jadi tersangka menyabetkan celurit ke arah perut korban. Dia melakukan perbuatan tersebut karena emosi istrinya selingkuh dengan korban," ucap Bahtiar Ujang di Mapolresta Kedung Halang, Kamis (26/6/2014).

Bahtiar menambahkan, Suwito membunuh Dede dibantu oleh empat rekan lainnya, Soleh (56), Samin (32), Rukun (65), dan Muhamad Sahlun (26). Sementara itu, satu orang lainnya atas nama Idi masih menjadi buronon.

"Para pelaku dijerat pasal 340 sub 338 sub 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup," tutur Bahtiar.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bogor Kota, AKP Condro Sasongko menjelaskan, peristiwa pembunuhan itu terjadi pada hari Rabu (25/6/2014) sekitar pukul 01.00 WIB. Pelaku membunuh korban di dalam angkot 03 Jurusan Baranangsiang-Bubulak.

Diduga, pembunuhan ini dilatarbelakangi tradisi 'Carok Madura' di mana adat harga diri seorang istri dibawa oleh laki-laki lain. "Sebelum eksekusi korban, para pelaku sudah melakukan perencanaan pembunuhan di rumah Muhamad Suwito yang merupakan eksekutor," papar Condro.

Dari tangan para pelaku, polisi mengamankan satu unit sepeda motor jenis Jupiter MX warna hitam bernopol F 2278 BW, serta dua buah senjata tajam celurit berukuran kecil dan besar. Hingga kini, polisi terus melakukan penyelidikan dan penyidakan atas perkara tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com