Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Palembang, Jokowi Tolak Pemberian Suvenir dari Warga

Kompas.com - 25/06/2014, 11:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Calon presiden Joko Widodo berkunjung ke sentra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Tuan Kentang, di Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (25/6/2014).

Kejadian unik terjadi saat Jokowi menolak menerima pemberian dari perwakilan warga di sentra UMKM tersebut. Kejadian bermula seusai Jokowi menyampaikan sambutannya dan berdialog singkat dengan para pengusaha kecil.

Seorang warga mengantarkan bungkusan berupa kain songket dan beberapa jenis makanan kecil untuk Jokowi. Namun, Jokowi justru menolaknya dengan halus. Alasannya ialah tak ingin membuat repot dan merugikan pengusaha kecil karena memberikan suvenir gratis.

"Saya mau membiasakan, ini kan produk yang harusnya dibeli," kata Jokowi.

Mendengar itu, seorang warga berusaha membujuk agar Jokowi mau menerimanya. Namun, tetap saja secara halus Jokowi bersikukuh tak menerima bila diberikan secara cuma-cuma. "Apalagi kalau ini harganya mahal. UMKM itu kan mencari keuntungan, kalau ini dikasih, nanti bisa rugi besar, saya enggak mau, apalagi rugi karena saya," ujar Jokowi.

Tak lama berselang, Jokowi akhirnya menerima suvenir berupa kain songket dan aneka makanan kecil yang diberikan warga. Itu pun setelah seorang ajudannya ia minta membayar semua barang itu sesuai harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com