Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kusir Delman di Kabupaten Bandung Dukung Jokowi

Kompas.com - 24/06/2014, 20:52 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Tak kurang dari 120 delman yang parkir di depan lapangan Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggelar deklarasi dukungan terhadap capres-cawapres nomor urut 2, Jokowi-JK. Acara deklarasi digelar di di Jalan Raya Soreang-Bandung, Selasa (26/6/2014) sehingga membuat kawasan itu macet.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ratusan kusir delman yang tergabung dalam Laskar Jokowi-JK dan Paguyuban Kusir Delman di Kabupaten Bandung itu menghiasi delman-delman mereka dengan bendera dan pernak-pernik wajah Jokowi-JK.

Selain itu, mereka juga bergembira ria berjoget dengan diiringi alunan musik dangdut dari organ tunggal.

Perwakilan Paguyuban Kusir Delman Kabupaten Bandung, Deni Hartono mengatakan, deklarasi dukungan untuk Jokowi-JK tersebut adalah bentuk penyampaian harapan dari para kusir delman yang tidak ingin alat transportasi tradisional itu hilang dari Indonesia.

"Kami yakin pak Jokowi dan pak Jusuf Kalla akan bisa menyejahterakan kami dan mempertahankan delman sebagai alat transportasi tradisional," kata Deni seusai deklarasi, Selasa sore.

Selain kusir delman, lanjut Deni, dukungan juga mengalir dari ratusan sopir angkot dan tukang ojek yang ada di Kabupaten Bandung.

Di tempat yang sama, Panglima Laskar Jokowi-JK Indonesia, Dodi Permana, menambahkan, sosok Jokowi yang lahir dari rakyat biasa seperti halnya kusir delman. Jokowi diyakini bisa melestarikan keberadaan delman yang saat ini mulai terkikis oleh alat transportasi modern.

"Delman ini kan asli Kabupaten Bandung tapi sudah mulai terkikis, jadi harus dipertahankan," ujar Dodi.

Dengan dukungan dari para kusir delman itu, Dodi yakin pasangan Capres Cawapres Jokowi-JK bisa mendapatkan suara mayoritas di Kabupaten Bandung.

"Mereka siap bergerilya untuk memenangkan Jokowi-JK di Kabupaten Bandung dan saya optimistis bisa dapat 60 persen di Kabupaten Bandung," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com