Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Sampah, Risma Ikut "Nyemplung" ke Sungai

Kompas.com - 24/06/2014, 16:46 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Suasana di akses Jembatan Suramadu, Selasa (24/6/2014), tampak ramai. Ratusan polisi memadati Jalan Pogot. Sekitar 700 personel polisi dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak beramai-ramai membersihkan sampah di sungai akses menuju Jembatan Suramadu.

Tidak hanya polisi, sekitar 300 petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya serta masyarakat bahu-membahu membersihkan sungai yang penuh sampah.

Selain pejabat kepolisian, seperti Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Aries Syahbuddin, dan DirBinmas Polda Jatim Kombes Pol Suharno, tampak pula Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Mereka mengenakan pelampung dan berkeliling menggunakan perahu karet.

Ada 13 perahu karet dan tiga rakit untuk membersihkan kali tersebut. Mereka menggunakan bambu untuk membersihkan tumpukan sampah.

Direktur Binmas Polda Jatim Kombes Pol Suharno mengatakan, kerja bakti Polri-masyarakat ini dalam rangka HUT ke-68 Bhayangkara.

"Ini bentuk sinergi polisi bersama masyarakat, mana manfaatnya akan dapat dirasakan seluruh warga sekitar," kata Suharno.

Menurut Suharno, tugas polisi tidak hanya masalah kriminalitas, tetapi juga menjalin sinergi dengan masyarakat.

Warga sekitar juga turut membersihkan sampah-sampah di jalan. Mereka memunguti sampah yang ada di sepanjang akses Suramadu.

"Suramadu ini merupakan ikon nasional sehingga harus kita rawat," tambah Suharno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com