Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Surat Suara di Ciamis Sobek dan Buram

Kompas.com - 24/06/2014, 12:25 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


CIAMIS, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mencatat, sebanyak 380 surat suara rusak setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan sejak dua hari lalu. Sebagian besar surat suara rusak akibat sobek, warna buram, dan terdapat bercak tinta.

"Ditemukan sebanyak 380 surat suara rusak, setelah ditemukan sobek, warna buram, dan banyak bercak tinta. Proses penyortiran dan pelipatan dilakukan oleh anggota PPK dan PPS," kata Anggota KPU Ciamis Divisi Logistik, Taufik Rahman, Selasa (24/6/2014) pagi.

Taufik menambahkan, jumlah surat suara rusak yang ditemukan itu masih relatif kecil, dan tak mengganggu jumlah surat suara yang akan didistribusikan. Soalnya, masih terdapat cadangan dua persen dari jumlah surat suara daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.243.171 orang.

"Tidak mengganggu surat suara sesuai jumlah DPT. Masih ada cadangan dua persen dari jumlah itu," kata Taufik.

Sementara itu, KPU wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya baru melaksanakan penyortiran pada Selasa pagi. Penyortiran dilakukan oleh anggota KPU, mulai dari anggota PPK, PPS, sampai TPS.

"Kalau di wilayah kota, penyortiran dilakukan oleh 200 orang anggota KPU dan baru hari ini. Total surat suara yang diterima di sini sebanyak 482.898 lembar. Jumlah itu berikut cadangan dua persen," kata anggota KPU Kota Tasikmalaya Asep Hendri Darmawan, Selasa pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com