Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 1.400 PSK di Dolly Cuma 300 yang Ambil Uang Kompensasi

Kompas.com - 23/06/2014, 16:22 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Proses pencairan kompensasi penutupan lokalisasi prostitusi Dolly yang semula dibatasi sampai Senin (23/6/2014), diperpanjang sampai 26 Juni mendatang.

Pertimbangannya, karena menjelang akhir masa pencairan, belum separuh dari total pekerja seks komersial dan mucikari Dolly-Jarak yang mengambil kompensasi.

Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kota Surabaya, Dedy Sosialisto, hingga pukul 16.00 WIB hari ini, tercatat ada 63 mucikari yang mengambil kompensasi dari 311 mucikari yang tercatat.

"Sementara untuk PSK, sudah 318 PSK, dari 1.449 PSK yang tercatat," katanya.

Dia berharap, sampai tiga hari ke depan, akan lebih banyak lagi PSK dan mucikari yang mengambil kompensasi. Sebab, jika tidak diambil, maka dana kompensasi yang disiapkan akan kembali lagi ke kas negara.

Dedy mengaku belum mengetahui kebijakan selanjutnya jika sampai 26 Juni, masih banyak yang belum mengambil kompensasi. "Soal itu, kita belum dapat intruksi, kebijakannya menyusul," tambahnya.

Para PSK di lokalisasi prostitusi Dolly mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 5.050.000 dari Kementerian Sosial, yang terdiri atas bantuan modal Rp 3 juta, bantuan biaya hidup Rp 1,8 juta, dan biaya pulang ke daerah asal Rp 250 ribu. Sedangkan para muncikari diberi Rp 5 juta dari Pemprov Jatim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com