Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Punguti Sampah, Ridwan Kamil Kasih Hadiah Umrah Gratis

Kompas.com - 23/06/2014, 13:24 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjanjikan hadiah bagi warga Kota Bandung yang rajin menjalankan program Gerakan Pungut Sampah. Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, hadiah tersebut disediakan demi memacu semangat warga, termasuk pelajar, agar menjaga kebersihan dan kerapian Kota Bandung.

"Setahun sekali ada hadiah makan malam sampai umrah gratis," kata Emil di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (24/6/2014).

Emil menjelaskan, hadiah tersebut hanya diberikan untuk warga yang rajin dan secara sukarela memungut sampah di Kota Bandung sesuai data rekapitulasi setoran sampah yang diterima PD Kebersihan dan BPLHD.

"Kita pakai teori bela diri. Jadi, yang pertama mungut ban-nya masih putih. Nanti kalau puluhan kali ban-nya hijau. Kalau ratusan kali ban-nya hitam. Artinya, dia menunjukkan cinta Bandung dengan aksi pungut sampah yang besar," ujarnya.

Emil mengatakan, hadiah untuk warga yang rajin memungut sampah itu tidak berasal dari anggaran Pemerintah Kota Bandung. "Ada sponsor yang tidak bisa mendukung secara tenaga, tapi akan mendukung secara apresiasi-apresiasi," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Emil meluncurkan program baru bernama Gerakan Pungut Sampah. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1.000 warga yang berasal dari 40 komunitas, Muspida, instansi swasta, TNI, Polri, dan unsur kewilayahan dari seluruh kelurahan dan kecamatan se-Kota Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com