Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia, Sandal Jepit Cukil Berlogo Brasil Paling Banyak Dipesan

Kompas.com - 13/06/2014, 19:31 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Demam Piala Dunia 2014 dimanfaatkan oleh salah satu seniman asal Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sodron (18). Lelaki yang hanya mengenyam pendidikan hingga kelas 1 SMA ini ikut memanfaatkan acara empat tahunan itu dengan menjual sandal jepit cukil bergambar logo dan bendera negara peserta Piala Dunia.

Menurut Sodrun, awal membuat sandal cukil sebenarnya hanya untuk dirinya sendiri. Tapi tiba-tiba, ada temannya yang minta dibuatkan.

“Setelah itu, satu per satu datang ke saya untuk dibuatkan,” kata Sodron yang tinggal di Kangkung Kendal ini, Jumat (13/6/2014).

Sodron menjelaskan, untuk membuat sandal japit cukil tidak membutuhkan waktu lama. Apalagi, yang dipesan sandal jepit cukil bergambar bendera negara peserta. Waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 10 menit.

“Yang sedikit rumit, gambar logo piala dunia. Tapi membuatnya juga tidak lama,” ungkapnya dengan tawa.

Harga satu sendal jepit ukuran dan gambar apapun, lanjut Sodron, hanya Rp 25.000. Pemesan bisa menunggu proses pembuatannya.

“Saya baru menerima pesanan sandal jepit cukil piala dunia, baru 3 hari ini. Sehari, rata-rata baru 2–3 pemesan. Kebanyakan, gambar yang dipilih adalah simbol piala dunia dan bendera Brasil,” tambahnya.

Sodron, selain seorang seniman teater, dirinya bersama beberapa teman seniman lain juga sering memberi pelatihan sablon cukil kepada beberapa siswa SMP. Keterampilannya ditularkan kepada anak-anak SMP supaya mereka menyukai dan bisa membuat sablon cukil.

“Ini salah satu cara kami untuk memasyarakatkan sablon cukil,” ujarnya.

Salah satu pemesan sandal jepit cukil piala dunia buatan Sodron, Oasis, mengaku mengetahui ada pembuat sandal jepit cukil piala dunia dari temannya. Pemuda yang masih duduk dibangku SMP kelas 2 tersebut, memilih gambar logo piala dunia.

“Saya lebih suka logo piala dunia, karena unik,” katanya.

Oasis menambahkan, sandal jepit cukil piala dunia yang ia pesan, akan dipakai saat santai dan berkesempatan nonton bareng piala dunia di kampungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com