Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Becak Yogya-Jakarta demi Jokowi-JK, Keberangkatan Blasius Diiringi Air Mata Istri

Kompas.com - 13/06/2014, 18:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Air mata Anastasia Sri Sundari mengantar kepergian suaminya, Blasius Haryadi (46), yang akan menggenjot becaknya dari Yogyakarta menuju Jakarta. Jumat (13/6/2014), Blasius dan rekannya, Abuanto (58), memulai aksi menggenjot becak dari Yogya ke Jakarta sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Di depan Wali Kota Yogyakarta dan puluhan elemen relawan Jokowi- JK, Anastasia yang didampingi putrinya tak mampu menahan air mata ketika sang suami menyalaminya untuk berpamitan.

"Awalnya saya tidak setuju dengan rencana suami karena enggak mentolo (tidak tega)," ujar Anastasia saat ditemui di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta.

Anastasia menuturkan, rencana untuk menggenjot becak ke Jakarta itu sudah lama dibicarakan oleh suaminya, yaitu sejak Jokowi mengikrarkan diri maju ke Pilpres 2014. Dia mengaku sempat melarang. Bukan karena tidak suka dengan Jokowi, tetapi lebih karena tidak tega melihat suaminya mengayuh becak menempuh jarak yang jauh.

Namun, lanjutnya, setelah mendengar penjelasan dari sang suami, akhirnya dia lantas mengikhlaskan serta mendukung. Sebab, tujuan suaminya begitu mulia memberikan dukungan untuk Jokowi-JK.

"Niatnya baik, ya saya mengikhlaskan. Jujur, saya terharu dengan semangat dan niatnya," tekannya.

Sementara itu, Blasius mengatakan, dirinya telah mempersiapkan diri, baik fisik maupun stamina untuk mengayuh dari Yogya menuju Jakarta. Bekal doa istri dan putrinya menjadi kekuatan dalam melakoni misinya.

"Kami perkirakan akan sampai 20 hari perjalanan. Kenapa milih becak karena ini profesi saya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com