Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Jokowi-JK, Dua Pria Genjot Becak dari Yogya sampai Jakarta

Kompas.com - 13/06/2014, 16:51 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Demi memberikan dukungan kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Jokowi-JK, dua tukang becak, Blasius Haryadi (46) dan Abuanto (58), rela menggenjot becak dari Yogyakarta sampai ke Jakarta. Keduanya memulai perjalanan dari titik nol kilometer Yogyakarta.

Sejak pukul 14.30 WIB, ratusan relawan Jokowi-JK telah memadati depan Kantor Pos Besar Yogyakarta untuk menunggu kedatangan Blasius dan Abuanto. Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono melepas perjalanan dua pria yang sehari-hari memang berprofesi sebagai tukang becak itu.

"Pemilu presiden yang dihelat setiap lima tahun adalah harapan bagi rakyat Indonesia. Harapan perubahan menuju bangsa yang lebih baik, sejahtera, dan adil," ujar Blasius saat ditemui di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta, Jumat (13/6/2014).

Namun, menurut pria lulusan SMU John De Britto yang telah 25 tahun berprofesi sebagai tukang becak itu, rakyat harus menerima kenyataan pahit berulang kali. Presiden yang pernah terpilih belum memberikan hasil nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Blasius mengatakan, sinar harapan dalam ketidakpastian mulai terang ketika muncul sosok "ndeso" yang sederhana, Joko Widodo. Pria kelahiran Solo ini muncul merampungkan berbagai carut-marut masalah Ibu Kota.

"Cukup alasan bagi kami untuk memberikan dukungan Jokowi-JK. Kami sangat yakin keberhasilan Jokowi membangun Jakarta dapat diterapkan di seluruh pelosok Indonesia," ujarnya.

Haryadi mengungkapkan, melihat sosok yang senang bekerja dan berbaur dengan cara blusukan berbagai lapisan masyarakat, mulai dari Aceh sampai Papua, bahu membahu secara tulus ikhlas menyumbangkan apa yang mereka punya.

"Kami juga ingin memberikan dukungan nyata, namun bukan rekening bersama, tapi dengan tenaga. Profesi kami tukang becak, jadi dukungan untuk Jokowi-JK genjot becak Yogyakarta sampai Jakarta," ujarnya.

Tukang becak yang terkenal dengan becak online ini menuturkan, perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta diperkirakan akan ditempuh selama 20 hari. Keduanya menyatakan siap menampung aspirasi masyarakat yang ditemuinya di setiap kota serta menyampaikanya kepada Jokowi-JK ketika sampai di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com