Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan HB X: Jangan Golput

Kompas.com - 12/06/2014, 19:08 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X, mengajak masyarakat Yogyakarta untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 9 Juli mendatang. Sultan mengimbau warga untuk tidak golput.

"Jangan memilih golput. Gunakan waktu lima menit untuk memilih," ujar Sultan dalam acara Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas di Hotel Santika, Kamis (12/6/2014).

Sultan mengungkapkan pemilu merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam hidup berdemokrasi menuju bangsa yang lebih baik bermartabat, sejahtera dan adil. Oleh karena itulah, menurut Sultan, masyarakat jangan golput.

"Pemilu adalah budaya untuk menggulirkan demokrasi. Golput itu tidak mengubah apa-apa," tegasnya.

Sultan juga mengungkapkan bahwa kemudahan bagi penyandang difabel dan akses bagi mahasiswa luar daerah dalam menggunakan hak pilihnya merupakan keistimewaan penyelenggaraan pemilu di Yogyakarta.

Selain itu, Sultan juga menegaskan bahwa Pemerintah DIY akan bersikap netral dengan tidak berpihak kepada salah satu pasangan capres dan cawapres. Namun demikian, menurtu Sultan, pihaknya tetap akan turut mengawal jalannya pemilu yang damai dan berintegritas.

"TNI dan Polri juga diharapkan netral, serta menjalankan tugas-tugasnya mengamankan jalanya pemilu dengan sebaik-baiknya," pesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com