Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Aparat Babinsa Terjun ke Area Lokalisasi Pelacuran Kalinyamat

Kompas.com - 12/06/2014, 12:08 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com — Bintara pembina desa (babinsa) saat ini tengah dalam sorotan publik terkait isu netralitas dalam Pemilu Presiden 2014. Namun di Semarang, babinsa punya tugas lain.

Mereka mengajak para PSK agar rutin memeriksakan kesehatan alat reproduksinya ke puskesmas. Seperti yang dilakukan oleh Sersan Kepala Sujio, anggota Babinsa Kelurahan Bandungan dari Koramil 9 Ambarawa, Kamis (12/6/2014) siang.

Ia dan rekannya mendatangi kos-kosan PSK di tempat lokalisasi pelacuran Kalinyamat, Bandungan. Dengan sabar, mereka datang dari satu pintu ke pintu yang lain.

Sujio mengingatkan para PSK bahwa jadwal pemeriksaan kesehatan pada hari ini. "Mbak mohon maaf, hari ini jadwal periksa. Jangan lupa, ya. Kami tunggu di puskesmas," kata Sujio kepada penghuni kos.

Menurut Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0714 Salatiga Mayor Otok Kusnaniwoto, kegiatan tersebut rutin dilakukan babinsa dua kali sepekan dalam rangka membantu Puskesmas Bandungan menyosialisasikan upaya menekan angka penyebaran HIV/AIDS.

"Sosialisai kesehatan ini rutin setiap Kamis dan Selasa. Masyarakat di sini sudah hafal. Harapannya semua penghuni sehat," kata Kasdim, di sela memantau kegiatan tersebut.

Terlepas dari itu, Kasdim menegaskan, pembinaan yang dilakukan jajarannya bisa meliputi semua aspek, kecuali kegiatan politik. Dia menjamin babinsa tidak mengarahkan masyarakat pada pilihan capres-cawapres tertentu dalam Pilpres 9 juli mendatang.

"Tidak ada tawar-menawar (soal netralitas). Arahan Panglima sudah jelas," kata Kasdim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com