Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak Cawapres, BPJS Itu Kepanjangan dari 'Bikin Pasien Jadi Stres'"

Kompas.com - 11/06/2014, 13:35 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com — Calon wakil presiden nomor urut 1, Hatta Rajasa, diteriaki "wong kito" yang artinya orang kita saat berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus di Provinsi Bengkulu. Dalam kunjungan itu, ia juga diajari kepanjangan baru dari BPJS.

Kejadian ini bermula saat Hatta menyapa beberapa pasien di rumah sakit dan menanyakan pelayanan BPJS di meja pelayanan. Sambil dikerubungi wartawan dan pasien, Hatta berdiskusi dengan beberapa perawat.

Lalu dengan serta-merta, datanglah seorang pasien yang menyerobot dan menyela pembicaraan Hatta dengan para perawat. Belakangan diketahui, pasien ini bernama Miaswari. Pasien ini mengeluhkan pelayanan BPSJ atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Pak cawapres, saya ini pasien BPJS, kena sakit saraf, ada satu obat yang selalu saya konsumsi. Namun, selama dua bulan mengonsumsi obat itu, saya selalu beli. Saya minta di rumah sakit, alasannya obat itu tidak ada. Padahal obat generik cukuplah untuk obat saya ini. Namun, apa guna BPJS kalau saya harus bayar," kata Miaswari, Rabu (11/6/2014).

Tak sampai di situ, dia juga menjelaskan plesetan dari kepanjangan BPJS.

"BPJS ini kepanjangannya 'bikin pasien jadi stres'," kata Miaswari.

Celetukan pasien tersebut kontan membuat Hatta Rajasa senyum-senyum.

Sementara itu, petugas rumah sakit menjelaskan bahwa obat saraf yang diminta pasien tersebut tidak ada. Namun, ada merek lain. Sayangnya, pasien tersebut enggan menggunakan obat jenis lain ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com