Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kapolres Tidak Netral, Dilaporkan ke Kompolnas

Kompas.com - 11/06/2014, 10:57 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menerima laporan tiga Kepala Polres di jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang diduga berpihak/tidak netral di dalam pemilihan presiden.

Hal tersebut diungkapkan salah satu komisioner Kompolnas, Hamidah Abdurrahman saat berkunjung ke markas Polrestabes Makassar, Rabu (11/6/2014). Dia mengungkapkan itu di depan Kepala Polrestabes Makassar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Fery Abraham beserta jajarannya.

"Kami dapat laporan ada tiga Kapolres di jajaran Polda Sulselbar tidak netral dan dinilai berpihak kepada salah satu Capres dan Cawapres. Padahal, sudah jelas aturan dan dipertegas dalam perintah Kapolri tidak ada alasan tidak netral," kata Hamidah.

Hanya saja, Hamidah enggan mengungkapkan Kapolres mana saja yang dilaporkan tidak netral. "Saya tidak bisa sebutkan nama-nama ketiga Kapolres yang dilaporkan tidak netral. Karena, Kompolnas belum melakukan klarifikasi terkait laporan tersebut," tandas dia.

Hamidah menjelaskan, ketidaknetralan ketiga Kapolres diduga tidak netral karena kedekatannya dengan kepala daerah yakni bupati. "Bisa saja dia tidak netral, karena mungkin banyak mendapat dana APBD untuk kegiatan Polri di wilayah kerjanya," kata Hamidah.

Selain ketiga Kapolres, Hamidah juga menerima laporan ada beberapa personel pengamanan lapangan diduga tidak netral. "Jadi kami juga menerima ada beberapa personel pengamanan lapangan yang tidak netral. Kami akan klarifikasi dulu terkait laporan itu," tambah Hamidah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com