Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Prabowo-Hatta, Gubernur Jabar dan Wakilnya Kompak Cuti

Kompas.com - 10/06/2014, 17:21 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan wakilnya, Deddy Mizwar, mengajukan cuti dari jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara bersama-sama kepada Mendagri untuk menjadi tim sukses Prabowo-Hatta di Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Pemprov Jabar Ruddy Gandakusumah saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (10/6/2014).

"Pak Gub (Ahmad Heryawan) dan Pak Deddy bersama-sama diusulkan untuk cuti," kata Ruddy, Selasa.

Menurut Ruddy, pengajuan cuti sudah dilayangkan ke Mendagri Gamawan Fauzi tertanggal 9 Juni 2014. "Pak Ahmad Heryawan maupun Pak Deddy Mizwar mengajukan cuti tanggal 9 Juni, dua-duanya tanggal 9," katanya.

Surat pengajuan cuti Ahmad Heryawan bernomor 850/2798/PEM.UM dan Deddy Mizwar bernomor 850/2808/PEM.UM tentang permohonan cuti dari kepala daerah untuk kampanye Pemilu Presiden 2014.

"Pengajuan cuti ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 PP 18/2014 bahwa pejabat negara dalam melaksanakan kampanye harus mengajukan cuti," kata Rudy.

Namun, kata Ruddy, meskipun mengajukan cuti secara bersama-sama, waktu pelaksanaannya berbeda. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kekosongan di Pemerintah Jabar.

"Kalau dalam satu kegiatan kampanye dua-duanya hadir atau dua-duanya cuti kan berarti terjadi kekosongan pemerintahan, kan tidak boleh," katanya.

Untuk jadwal kampanye Heryawan dan Deddy Mizwar, Ruddy akan mengatur waktunya. Yang jelas, kata dia, bukan hari Sabtu dan Minggu.

"Misalkan Gubernur cutinya Senin, hari Selasa Pak Deddy cuti atau mungkin hari Kamis," katanya.

Ruddy mengaku sampai saat ini masih menunggu jadwal kampanye Prabowo-Hatta dari tim sukses pusat.

Ahmad Heryawan dinobatkan sebagai Ketua Tim Sukses Prabowo-Hatta di Jabar. Sementara itu, Deddy Mizwar menjabat sebagai Dewan Penasihat Tim Sukses pasangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com