Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Aparatur Kemanan Siap Amankan Pilpres

Kompas.com - 09/06/2014, 21:03 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com -- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman memastikan seluruh jajaran TNI/Polri siap untuk mengamankan jalannya tahapan dan pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden.

“Saya dan Panglima TNI juga ingin memastikan bahawa seluruh aparatur keamanan siap mengamankan pilpres dan dalam posisi yang netral,” ungkap Sutarman kepada sejumlah wartawan di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Senin (9/6/2014).

Dia memastikan, sejauh ini tidak ada intruksi apapun dari pimpinan Polri kepada bawahannya untuk tidak netral dalam menghadapi pemilu presiden Juli mendatang.

"Tidak ada intruksi apapun. Bahwa TNI dan Polri harus betul-betul netral untuk mengamankan dan mengawal seluruh proses dan tahapan pilpres dengan baik,” jelasnya.

Kedatangannya bersama Panglima TNI dan rombongan di Ambon diakuinya untuk meninjau langung kesiapan situasi keamanan jelang pilpres serta mendukung sepenuhnya pelaksanaan pilpres berjalan dengan aman dan damai.

“Kedatangan kita di Ambon pertama meninjau kesiapan Pilpres kita ingin memastikan situasi keamanan mendukung pelaksanaan pilpres," katanya.

Senada, Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga menegaskan, kedatangannya di Kota Ambon tak lain untuk meninjau kesiapan prajuritnya untuk mendukung kelancaran dan keamanan pemilu presiden di Maluku.

“Seperti yang disampaikan Pak Kapolri tadi, jadi kedatangan saya dan Pak Kapolri ingin melihat dari dekat sejauhmana prajurit-prajurit melaksanakan perintah panglima atau tidak dan berlaku netral atau tidak, kalau tidak ya nanti baru kita urusan lagi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com