Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Teknologi Energi Terbarukan, UGM Gandeng 7 PT Inggris

Kompas.com - 04/06/2014, 20:49 WIB
Kontributor Yogyakarta, Gandang Sajarwo

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Tujuh universitas dari Wales, Inggris, menjajaki peluang kerja sama pendidikan dan riset energi terbarukan dengan Universitas Gadjah Mada. Ketujuh universitas tersebut adalah Aberystwyth University, Universitas of South Wales, University of Wales Trinity Saint David, Glyndwr University, Bangor University, Cardiff University, dan Cardiff Metropolitan University.

Rektor UGM Prof Dr Pratikno M Soc mengatakan, kunjungan perguruan tinggi Inggris ini mengindikasikan Indonesia makin dilirik perguruan tinggi Eropa. Padahal sebelumnya, kerja sama perguruan tinggi dari Inggris sangat minim.

“Negara ini lebih banyak melakukan kerja sama dengan India dan negara-negara di Afrika. Baru belakangan ini Inggris lebih agresif masuk ke Asia Tenggara,” kata Pratikno, Rabu (4/6/2014).

Pratikno menambahkan, riset perguruan tinggi di Wales, Inggris, diharapkan bisa mendukung aktivitas riset yang dilakukan para peneliti UGM, terutama untuk pengembangan energi terbarukan dan kelautan. “Mereka sangat kuat dalam riset itu,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, UGM dan ketujuh universitas ini juga akan menjajaki peluang kerja sama pengajaran dalam bentuk program pertukaran mahasiswa dan dosen.

“Kita manfaatkan peluang ini untuk internasionaliasasi UGM, sehingga memberi ruang lebih besar bagi mahasiswa dan dosen untuk menimba pengalaman dan kerja sama internasional. Dengan makin banyak kerja sama, maka kita makin banyak pilihan,” katanya.

Pertukaran dosen ini diharapkan menjadi pintu masuk untuk membuka peluang kerja sama yang lebih intensif.

“Kita mengirim dua dosen untuk mengajar, mengenali kekuatan dari mitra dan menjajaki peluang kerja sama. Dari itu, kita bisa merancang model pertukaran mahasiswa untuk kegiatan selanjutnya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com