Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Miring, Kereta Api Argo Parahyangan Anjlok Tepat di Mulut Jembatan Cisomang

Kompas.com - 31/05/2014, 01:08 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kereta Api Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung anjlok tepat di mulut jembatan Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (30/5/2014) malam. Sebelum berhenti, gerbong-gerbong kereta sempat miring ke arah jurang.

"Ngeri sekali tadi. Sampai gerbong ketiga dari loko sempat miring, dengan kecepatan cukup tinggi," tutur Benny Nugraha, salah satu penumpang kereta, saat dihubungi pada Sabtu (31/5/2014) dini hari.

Jembatan Cisomang merupakan jembatan kereta terpanjang di Pulau Jawa, yang berada pada lintasan panjang berkelok di punggung perbukitan Purwakarta dan Padalarang. Jalur kereta tersebut sejajar dengan jalan Tol Cipularang, berada pada sisi kiri jalan tol jika perjalanan dari arah Jakarta.

"Maju sedikit lagi, tidak tahu deh (apa jadinya) karena dalam sekali (dasar ceruk di bawah jembatan)," imbuh Benny. Selain bersyukur karena kereta dapat berhenti tepat sebelum masuk jembatan di area meliuk-liuk jalur rel kawasan itu, dia bersyukur pula bahwa lokasi kecelakaan tidak sedang diguyur hujan.

Benny mengatakan, di dalam kereta ada banyak anak dan orang berusia lanjut. Dia menambahkan, kereta pada rute ini pun sebagaimana perjalanan pada akhir pekan, yang dipadati oleh penumpang. "Kalau yang terbentur, pasti ada. Tapi belum ada informasi apakah ada yang sampai pingsan, misalnya."

Pertolongan

Benny mengatakan, saat ini sudah ada aparat kepolisian dan TNI di lokasi anjloknya kereta. Menurut dia, para penumpang yang semuanya sudah keluar dari kereta kini berada di balai desa Depok.

"Pakai angkutan desa dan ojek, kami mau dibawa ke Stasiun Cisomang," tutur Benny. Dia mengatakan, penumpang, aparat, dan warga sedang berkoordinasi untuk mengatur pemindahan tersebut.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Slamet Hariyadi mengatakan, para penumpang rencananya akan dibawa ke Bandung menggunakan bus. "Rencananya begitu, berangkat dari stasiun," ujar dia saat dihubungi menjelang tengah malam.

Beredar informasi, akan ada kereta lain yang didatangkan dari Bandung untuk mengangkut para penumpang menuju Bandung. Namun, belum dapat dipastikan apakah rencana penggunaan kereta ini dapat dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com