Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Serahkan Langsung Akta Kelahiran Gratis

Kompas.com - 30/05/2014, 12:54 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menyerahkan langsung akta kelahiran kepada Karno, ayah dari bayi bernama Kenzo Alvarezza Ghifari yang lahir Senin lalu.

Akta kelahiran tersebut diberikan oleh Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil, kepada Karno secara cuma-cuma alias gratis di Rumah Sakit Emma Poeradiredja, Jalan Sumatera Kota Bandung, Jumat (30/5/2014).

Emil menjelaskan, bayi Kenzo adalah salah satu contoh bayi yang mendapatkan manfaat dari program jemput bola Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung.

Dia menjamin, dengan program tersebut setiap bayi yang baru lahir di Kota Bandung langsung dibuatkan akta kelahiran di rumah sakit bersalin tanpa dipungut biaya.

"Kita di pemerintahan baru ini berusaha memperbaiki pelayanan publik. Kalau bisa cepat, murah dan gratis. Dalam soal akte kelahiran kan sering banyak bayi lama punya akta. Agar jangan menunda, jadi saya bikin konsep namanya jemput bola. Jadi akte kelahirannya dicetak di rumah sakit seperti ini," kata Emil seusai penyerahan akta.

Lebih lanjut Emil menambahkan, seringkali orangtua mengabaikan dan menomorduakan akta kelahiran. Padahal, kata Emil, akta kelahiran sangat dibutuhkan saat bayi tumbuh menjadi dewasa.

"Akta sangat penting untuk urusan sekolah, urusan kerja, urusan kependudukan, jadi jangan suka menunda. Agar program pendataan penduduk bisa berjalan lancar," kata dia.

Emil berharap, warga Kota Bandung yang belum memiliki akta kelahiran agar segera mendaftarkan ke Disdukcapil. "Bapak atau ibu yang punya calon bayi diharapkan sudah punya nama. Jadi pas lahir namanya langsung didaftarkan langsung kita cetak. Jadi enggak usah nunggu lama-lama. Ini bayi yang kita beri simbois akta kelahiran," tugasnya.

Di tempat yang sama, Karno mengaku bahagia putranya bisa langsung diakui sebagai warga Kota Bandung dengan akta kelahiran gratis tersebut. Menurut dia, selain cepat program tersebut juga dirasa sangat meringankan beban. Sebab, dia tidak perlu repot-repot mengurusi akta kelahiran.

"Ini program bagus, saya harap bisa berjalan terus. Anak saya lahir hari Senin, Selasa daftar, dan sekarang sudah dapat aktenya, gratis lagi," ujar Karno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com