Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Keraton Yogyakarta Gelar Labuhan Merapi

Kompas.com - 29/05/2014, 15:17 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.COM — Selain sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota budaya yang tentunya diwarnai dengan beragam upacara adat Jawa. Salah satu bentuk kebudayaan yang sudah digelar sejak dahulu kala adalah upacara adat Labuhan Merapi.

Labuhan Merapi yang digelar Keraton Yogyakarta ini melambangkan ucapan rasa syukur kepada yang Mahakuasa atas berkah dan rahmat-Nya selama ini. Selain itu upacara yang digelar setahun sekali ini juga untuk menghormati leluhur yang selama ini telah menjaga Gunung Merapi.

"Rangkaian upacara Labuhan Merapi 2014 akan digelar mulai Jumat 30 Mei sampai Sabtu," Terang Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Sleman, Endah, Kamis (29/5/2014).

Prosesi Upacara Labuhan Merapi diawali pada hari Jumat 30 Mei 2014 Pukul 07.00 WIB, di mana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menyerahkan "ubo rampe" labuhan kepada Camat Depok Budiharjo.

Selanjutnya "ubo rampe" tersebut oleh abdi dalem Keraton dan Camat Depok diarak ke Kecamatan Cangkringan. Selanjutnya Camat Depok menyerahkan "ubo rampe" tersebut kepada Camat Cangkringan Bambang Nurwiyono di Pendopo Kecamatan Cangkringan.

Ubo rampe kemudian diarak lagi ke pendapa petilasan rumah Mbah Maridjan di Kinahrejo dan diserahkan ke Ki Asih Suraksohargo sebagai juru kunci Gunung Merapi yang juga adalah putra Mbah Marijan.

Selanjutnya, Ubo rampe disemayamkan semalam di pendapa petilasan rumah Mbah Maridjan yang dilanjutkan pergelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Catur Benyek. "Baru Sabtu paginya kembali diarak menuju lokasi labuhan," tambah Endah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com