Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Lereng Sumbing: Hanya Prabowo yang Peduli Petani Kecil

Kompas.com - 27/05/2014, 20:50 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com
- Kandidat presiden Prabowo Subianto mendapat dukungan dari ratusan petani di lereng Gunung Sumbing, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Bentuk dukungan itu mereka buktikan dengan mendeklarasikan diri sebagai "Sahabat Nusantara" di bantaran sungai Tangsi, lereng Sumbing, Selasa (27/5/2014).

Abdul Latif, koordinator Sahabat Nusantara Magelang menilai, Prabowo pantas menduduki kursi nomor 1 di Indonesia karena memiliki kepedulian terhadap para petani kecil dan memiliki komitmen kuat untuk memajukan Indonesia.

"Prabowo akan memberikan dana Rp 1 miliar per desa. Jika dana ini dikelola dengan baik, kami yakin desa-desa di lereng Sumbing tidak akan lagi tertinggal, sebaliknya bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru," papar Abdul seusai deklarasi.

Diungkapkan Abdul, selama ini hutan Sumbing gundul yang berdampak terjadinya erosi. Maka, para petani berharap jika Prabowo jadi presiden, hutan Gunung Sumbing dikonservasi.

"Kali Tangsi ini jika kemarau kering, sementara jika musim hujan, banjir besar karena terjadi erosi terus menerus," keluh Abdul.

Abdul pun engaku semakin mantap mendukung Prabowo setelah sejumlah tokoh nasional menyatakan dukungan mereka. Para tokoh nasional itu di antaranya mantan Ketua MK Mahfud MD, tokoh muda NU Aly Maskyur Musa, pengusaha Hary Tanoesudibyo, hingga musisi Ahmad Dhani.

Selain diikuti para petani, deklarasi Sahabat Nusantara itu juga diikuti para ulama, buruh, guru, penderes nira kelapa, pedagang, sopir, ibu rumah tangga, dan pemuda lereng Sumbing.

Mukhsin, salah satu petani cabai menyatakan, ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu adalah sosok yang tegas dan punya integritas.

"Sebagai petani, kami yakin Prabowo bisa memimpin Indonesia bisa lebih baik. Ia satu-satunya calon presiden yang peduli pertanian," kata Mukhsin.

Mukhsin mengaku dukungan petani Sumbing ini bukan atas pesanan siapapun, melainkan karena panggilan hati untuk menyelamatkan Gunung Sumbing.

Ia juga berharap Prabowo akan membantu petani mengembangkan obat organik agar biaya produksi pertanian bisa ditekan sehingga keuntungan petani meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com