Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Kotak Amal, Oknum Pol PP Dihajar Warga

Kompas.com - 26/05/2014, 19:18 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


GOWA, KOMPAS.com - Seorang pria berseragam Polisi Pamong Praja (Pol PP) menjadi bulan-bulanan warga Jalan Pallantikang, Kelurahan Katangka, Kecamatan Sombaopu Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan setelah terpergok mencuri kotak amal masjid.

Beruntung, aparat kepolisian berhasil mengevakuasi pelaku ke Mapolres Gowa meski sepeda motor tersangka ludes dibakar warga, Senin (26/5/2014).

Informasi yang dihimpun Kompas.com, peristiwa ini bermula saat pelaku, AN (27) yang belakangan diketahui merupakan anggota Satpol PP di Makassar tertangkap basah oleh warga sedang mencungkil kotak amal masjid Pallangtikang.

Saat hendak meninggalkan lokasi, AN digeledah warga dan ditemukan puluhan lembar uang senilai Rp 95.000. Tak bisa mengelak, pelaku langsung menjadi bulan-bulanan warga sebelumnya akhirnya diamankan polisi.

"Anak-anak remaja mesjid lari keluar, katanya celengan dicungkil, dan memang saya lihat dia keluar lewat belakang. Saya periksa dan memang dia akui, makanya saya langsung panggil warga," kata Anshar.

Selain menghajar pelaku, warga juga merusak dan membakar sepeda motor Honda matik DD 3862 UI milik tersangka.

Sementara itu, pelaku mengakui bahwa dirinya adalah anggota Satpol PP, dan terpaksa mencuri kotak amal lantaran terlilit ekonomi. "Saya baru pertama mencuri karena butuh sekali uang," kilah AN.

Meski demikian, aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kasus ini. "Pelaku sudah berhasil kami amankan dan sementara masih dalam penyelidikan," singkat Aipti Malelak, Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Kanit Reskrim) Polres Gowa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com