Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepsek Malas Berkantor, Instruksi ke Bawahan Disampaikan via Surat

Kompas.com - 26/05/2014, 18:34 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


PINRANG, KOMPAS.com - Malas datang ke sekolah dan kerap mangkir berminggu-minggu, kepala SMP Suppirang di Pinrang, Sulawesi Selatan berkomunikasi dengan bawahannya lewat surat menyurat.

Kepala sekolah kerap memberi instuksi kepada guru-gurunya lewat sepucuk surat yang dikirim melalui sopir angkutan umum. Titipan surat kepala sekolah umumnya ditempel di dinding sekolah agar para guru lainnya bisa membaca langsung isi pesan dari pimpinannya itu. Selain kepala sekolah, ada juga guru yang kerap mangkir beminggu-minggu.

Dalam pantauan Kompas.com, kondisi ini membuat ruangan guru dan kepala sekolah lebih banyak diisi kursi-kursi kosong. Di dinding ruangan guru tertempel secarik kertas berisi informasi ringan sampai yang bersifat instruksi dari kepala sekolah kepada guru yang masuk. Sementara ruangan kepala sekolah lebih banyak ditutup dan digembok.

Wakil Kepala SMP Suppirang, Sulaeman mengakui guru dan kepala sekolah kerap mangkir berminggu-minggu, tidak menjalankan tugas mereka mendidik siswa. Dia menilai hal itu harus dimaklumi karena mereka memiliki banyak urusan lain.

“Komunikasi guru dan kepala sekolah kerap melalaui surat. Soal kewenangan tanda tangan, saya kira guru harus ke kota menemui kepala sekolah untuk minta tanda tangan langsung jika ada urusan yang harus ditandatangani,” jelas Sulaeman, Senin (26/5/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com