Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Ini Ditangkap Selundupkan Ganja untuk Pacar di Rutan

Kompas.com - 24/05/2014, 19:07 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Seorang wanita, MH (21), warga Gunung 4, Balikpapan, kedapatan mencoba menyelundupkan ganja ke dalam Rumah Tahanan Klasifikasi II A, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (24/5/2014).

Awalnya, MH bermaksud menjenguk kekasihnya, RB, yang menjadi tahanan Polresta terkait kasus narkotika jenis ganja juga.

"Petugas perempuan kami yang memeriksa pengunjung perempuan. Saat memeriksa MH, didapati barang yang diperkirakan ganja terselip dalam dompet. MH segera kami tahan dan kami serahkan ke Polres," kata Kepala Pengamanan Rutan M Budi Santoso.

Rutan membuka jam besuk tiga kali dalam satu minggu, yakni pada Senin, Rabu, dan Sabtu. Rutan dikunjungi sedikitnya 100 pembesuk tiap hari. Perbandingan jumlah petugas jaga tiap regu dengan pembesuk memang tidak sebanding.

Tiap shift dijaga satu regu yang hanya enam petugas. Mereka sekaligus menjaga sedikitnya 600 narapidana dan tahanan. Kendati perbandingan tak seimbang, Budi memastikan bahwa petugas tetap memeriksa ketat tiap pembesuk, termasuk isi barang bawaannya.

"Waktu besuk semua digeledah, termasuk sampai isi barang yang dibawa. Kita upaya geledah, jangan sampai ada (barang terlarang) masuk. Kita ketati semua," katanya.

MH adalah salah satu pembesuk pada akhir pekan ini, pukul 10.00. MH datang sendiri. Petugas wanita rutan memeriksa semua barang bawaan MH, nasi bungkus, dan dompet berisi kartu ATM dan debit. Isi nasi bungkus tidak luput dari pemeriksaan.

"Kami menemukan bungkus plastik kecil, semacam plastik es, diselipkan di dalamnya. Kami periksa isi plastik. Isi ganja. Kami timbang, berat 18,58 gram, dan setelah yakin, kami amankan dan serahkan ke polisi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com