Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kru Kelelahan, 14 Penumpang Lion Air Ditolak Naik ke Pesawat

Kompas.com - 24/05/2014, 11:43 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis


PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Empat belas penumpang Lion Air rute Palangkaraya–Jakarta sengaja ditinggal terbang oleh kru pesawat itu. Pihak dari pesawat dengan penerbangan bernomor JT 671 dengan kapasitas penumpang 215 orang itu menolak empat belas penumpang lain yang sudah boarding.

Salah seorang penumpang, Indri, mengatakan, dia bersama penumpang lainnya sudah menaiki tangga pesawat dan kemudian salah seorang pramugari meminta pintu pesawat untuk ditutup. Saat itu, dia bersama tiga belas penumpang lain tidak mendapat penjelasan dari kru dan diminta kembali ke ruang tunggu.

"Tadi kru teriak close, terus kita turun dan kembali ke ruangan. Kata teman yang di dalam pesawat banyak kru Lion ikut dan duduk di bagian belakang, harusnya mereka yang tunggu, kita kan konsumen kok dirugikan," kata Indri.

Sementara itu, Manajer Lion Air Palangkaraya, Agung, beralasan pihaknya terpaksa menurunkan kembali empat belas penumpang tersebut. Menurut Agung, tindakan itu terpaksa dilakukan karena kru yang bertugas pada rute penerbangan Palangkaraya–Jakarta yang dijadwalkan terbang pada Sabtu (24/05/2014) pukul 07.00 WIB itu lelah karena harus telah pada malam sebelumnya.

Semua kru pesawat JT 671, termasuk pilot, sebelumnya juga bertugas pada Jumat (23/5/2014) malam pada rute penerbangan Jakarta-Palangkaraya pada pukul 21.00 WIB. Penerbangan itu mengalami kendala cuaca sehingga gagal mendarat di Palangkaraya dan dialihkan ke Surabaya.

"Kru lelah karena mereka juga tugas tadi malam yang dialihkan ke Surabaya jadi harus dikembalikan ke Jakarta dulu," kata Agung.

Empat belas penumpang yang ditinggal itu kini terpaksa menunggu penerbangan selanjutnya yang dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com