Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Prabowo Datang, Tak Ada Pengamanan Istimewa di Balikpapan dan Samarinda

Kompas.com - 24/05/2014, 04:08 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -- Dua bakal calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dijadwalkan datang ke Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur, pada Sabtu (24/5/2014) dan Minggu (25/5/2014). Tak ada persiapan pengamanan khusus untuk agenda mereka berdua.

"Mereka belum menjadi capres pemilu presiden berdasar ketetapan KPU. Maka, kami akan melakukan pengamanan seperti VVIP pada umumnya saja," kata Kepala Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Fajar Setiawan, Jumat (24/5/2014).

Fajar mengatakan, pengamanan yang dilakukan semata fokus pada keamanan dan ketertiban di lokasi yang didatangi kedua tokoh.  "Fokus ke lokasi padat dan rawan."

Capres

Bila Jokowi dan Prabowo telah ditetapkan KPU sebagai calon presiden untuk Pemilu Presiden 2014, kata Fajar, barulah pengamanan ekstra diterapkan. Saat itu, pengamanan akan setara dengan pengamanan presiden.

Menurut Fajar, setiap calon presiden yang sudah ditetapkan KPU akan dikawal sekurangnya 40 orang. Pengamanan kendaraan, imbuh dia, akan dilakukan oleh 7 hingga 9 kendaraan pengiring, tergantung jumlah kendaraan dalam rombongan calon tersebut.

"Urutannya, sepeda motor terdepan, sedan lalu lintas, mobil pengamanan depan, VVIP, kendaraan cadangan antipeluru, ambulans, dan pengawal penutup. Persis seperti mengawal presiden. Tapi kali ini (pengawalan oleh) polisi," papar Fajar.

Pengamanan untuk para calon presiden, kata Fajar, nantinya akan dimulai dari tempat kedatangan VIP di bandara, hotel tempat menginap, jalur yang dilewati, dan tempat kampanye, hingga rombongan kembali bertolak ke Jakarta.

Agenda Jokowi vs Prabowo

Meski sama-sama datang ke Balikpapan dan Samarinda, Jokowi dan Prabowo punya agenda yang berbeda. Jokowi tiba di Balikpapan pada Jumat malam, saat Prabowo masih berada di Jakarta.

Di Balikpapan, Jumat malam, Jokowi akan menemui para relawan pendukungnya, lalu membuka deklarasi pro-Jokowi di dua lokasi berbeda. Dia menjadwalkan pula bertandang ke redaksi harian Tribun Kaltim.

Pada Sabtu dan Minggu, Jokowi akan melakukan blusukan di Samarinda, menghadiri Tanwir Muhammadiyah, menemui relawan, dan sowan ke Raja Kutai. Di antara kepadatan agendanya di kota ini, Jokowi antara lain menyambangi beberapa pasar dan ikut kegiatan sepeda santai.

Sementara itu, Prabowo dijadwalkan hanya mengikuti Tanwir Muhammadiyah di Samarinda pada Sabtu. "Pengamanan longgar. Polisi hanya mengatur lalu lintas," kata Michael, warga Samarinda Baru, soal antisipasi keamanan terkait kedatangan kedua figur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com