Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Siswi SD Tak Ikut Ujian Sekolah karena Dinikahkan

Kompas.com - 22/05/2014, 19:20 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sebanyak 61 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, tidak mengikuti ujian sekolah yang diselenggarakan sejak tanggal 19 Mei kemarin.

Absennya mereka karena berbagai alasan. Di antaranya ada yang karena dinikahkan oleh orangtuanya, ada yang pindah sekolah karena orangtuanya pindak tempat tinggal, serta ada pula yang ikut orangtuanya ke luar negeri karena menjadi TKI.

"Saya sudah minta kepada kepala sekolahnya agar alasan siswa yang tidak ikut US dicari agar bisa ikut ujian susulan. Tapi alasannya belum ada kepastian," ungkap Prama Djaya, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Kamis (22/5/2014).

Prama menambahkan, rata-rata siswa yang tidak ikut ujian sekolah itu berada di wilayah utara Kabupaten Pamekasan. Umumnya di sana, banyak orangtuanya yang merantau mencari kerja. Anaknya kemudian dibawa merantau pula dan tidak memberikan keterangan soal kepindahannya. Ada pula yang ikut orangtuanya yang menjadi TKI ke Malaysia.

"Disdik sudah memberikan  imbauan agar sebelum US, siswa dituntaskan dulu pendidikannya. Namun banyak orangtua yang kurang memperhatikan," terangnya.

Peserta US tahun ini sebanyak 15.541 siswa, terdiri dari siswa SD sebanyak 10.994, dan siswa MI sebanyak 4.547. Mereka sampai saat ini belum ada laporan yang mengalami kendala selama mengikuti ujian sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com