Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Bengkulu Temui Siswa Penderita Kanker Tulang

Kompas.com - 20/05/2014, 10:35 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah secara mengejutkan mendatangi rumah Rizki Ridho Kurniawan, siswa SD Negeri 75 yang melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) di rumah, akibat kanker tulang yang ia derita sejak dua tahun lalu.

Rumah Rizki terletak di Perumnas Kandang Mas, Kelurahan Kandang Mas Mulya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Dalam kunjungan mendadak tersebut orangtua Rizki, Nurhasanah tampak terkejut dengan mata berkaca menyambut kedatangan gubernur.

"Ada rasa haru dan bangga karena Rizki didatangi Gubernur, semoga ini kebaikan buat anak saya," kata Nurhasanah, Selasa (20/5/2014).

Pada kesempatan itu, Junaidi memberikan bantuan BPJS melalui Jaminan kesehatan provinsi kepada Rizki agar bisa mendapatkan pelayanan medis secara maksimal.

”Saya instruksikan agar dinas kesehatan memberikan pelayanan maksimal terhadap Rizki,” kata Junaidi.

Rizki adalah buah hati pasangan Endang Sumantri (47) dan Nurhasanah (43). Rizki merupakan siswa SDN 75 menderita kanker tulang yang harus melaksanakan UAS di rumah. Kanker tulang yang dialami Rizki bermula demam tinggi dan pembengkakan pada paha sebelah kanan.

Melihat kondisi tersebut, Endang dan Nurhasanah membawa Rizki untuk berobat di RSUD M Yunus Kota Bengkulu. Hasilnya, Rizki mengalami kanker tulang dan mesti dioperasi.

”Sudah dua kali Rizki dioperasi, pertama operasi kanker tulang dan kedua operasi pemotong tulang paha. Saat itu rambut Rizki rontok semua,” ungkap Nurhasanah.

Meskipun telah menjalani dua kali operasi, kata Nurhasanah, anaknya mesti dioperasi ke tiga untuk memasang kawat di bagian tulang yang telah dipotong. Namun, untuk operasi ketiga tersebut, keluarganya tidak memiliki uang yang cukup.

Bahkan, dalam operasi ketiga tersebut Nurhasanah mesti menjual rumahnya agar anaknya bisa dioperasi. Sebab, suaminya hanya berprofesi sebagai sopir mobil diesel ekspedisi yang berpenghasilan pas-pasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com