Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Piton Empat Meter Jadi Tontonan Warga

Kompas.com - 16/05/2014, 10:02 WIB
SITUBONDO, KOMPAS.com -- Warga Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, dihebohkan dengan ditemukannya seekor ular piton di anak Sungai Sampean Baru, Kamis (15/5/2014) kemarin.

Ular piton yang memiliki panjang sekitar empat meter itu pertama kali ditemukan Sabar (50), warga setempat, saat hendak ke sungai.

Kabar ditemukan dan tertangkapnya ular berukuran besar secara cepat menyebar ke telinga warga. Warga yang penasaran kemudian berdatangan ke rumah Sabar untuk melihat binatang reptil tersebut.

"Saat saya ke sungai, ular besar itu sedang diam melingkar di pinggir sungai," ujar Sabar.

Sebelumnya, dirinya khawatir dan takut untuk menangkapnya karena ukuran ular itu sangat besar. Melihat kondisi ular yang terlihat lemas, lalu dirinya memberanikan diri menangkapnya.

"Saya takut ular itu saat bergerak. Tapi saya berani memegangnya karena ularnya tidak beringas dan diam," kata dia.

Ukuran ular yang besar dan berat membuat Sabar berteriak meminta pertolongan warga untuk mengangkat ular yang diduga terseret air sungai itu. "Mulut ular ini saya ikat, sebab khawatir akan menggigit," kata dia.

Sabar mengaku tidak akan menjual ular itu dan akan memeliharanya. "Mau dipelihara dulu. Setelah sehat, ular itu saya lepaskan ke habitatnya lagi," kata Sabar sembari mengelus kepala ular yang ditangkapnya itu.

Salah seorang siswa SD, Ridwan, mengaku senang bisa bermain dengan ular yang berukuran besar. Meski awalnya merasa jijik dan geli, Ridwan mengaku bisa bermain dengan ular itu. 

"Kan mulutnya sudah diikat solasi, jadi tidak takut, hanya ular berat," kata Ridwan sambil menggendong ular piton di halaman rumah Sabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com