Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Ucap Istighfar, Pasar Projo yang Amblas Langsung Diperbaiki

Kompas.com - 15/05/2014, 20:49 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


AMBARAWA, KOMPAS.com - Temuan kerusakan los lantai satu Pasar Projo Baru, Ambarawa, langsung direspon oleh Kontraktor pelaksana setelah ramai diberitakan media massa. Bahkan Bupati Semarang Mundjirin sempat mengucapkan Istighfar kala mendengan kabar kembali rusaknya bangunan penganti pasar Projo yang terbakar juni 2013 lalu itu.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Semarang, Moch Natsir, perbaikan sudah dilakukan sejak, Rabu (14/5/2014) kemarin. "Temuan kerusakan sudah kami sampaikan ke Bupati Semarang dan kontraktor pelaksana. Bangunan tersebut masih dalam masa pemeliharaan hingga 20 Juni 2014," katanya, Kamis (15/5/2014).

Berdasarkan data yang ada, lebih kurang enam titik kerusakan dengan tingkatan bervariasi di lantai satu. Dia menuturkan, pembangunan di lantai tersebut tidak bisa seluruhnya menggunakan alat berat ketika memadatkan tanah.

"Kerusakan yang ada sifatnya tidak mempengaruhi struktur bangunan inti, artinya seluruh bangunan masih dinyatakan aman," jelasnya.

Disinggung tentang dugaan kesalahan spesifikasi bangunan, Moch Natsir menegaskan bahwa seluruh bangunan sudah sesuai spek. Ia menjelaskan, salah satu kerusakan berupa retak memanjang rencananya akan diperkuat dengan suntikan cairan semen khusus.

Sementara itu, perwakilan dari PT Rekaesti Utama selaku pelaksana proyek pembangunan Pasar Projo tahap pertama, Indro Sudarsono mengatakan, bila ada kerusakan masih menjadi tanggungjawab kontraktor pelaksana.

"Selama masa pemeliharaan, jika ada kerusakan menjadi tanggungjawab kita untuk memperbaiki. Hingga saat ini kami masih melakukan proses perbaikan tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com