Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Sultan Jadi Capres, Demokrat Optimistis Warga Yogyakarta Akan Mendukung

Kompas.com - 15/05/2014, 13:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pengurus Partai Demokrat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpendapat, bila Sri Sultan Hamengku Buwono X diusung partainya menjadi bakal calon presiden, warga provinsi ini pasti akan memberikan dukungan. DIY pun diyakini akan menjadi lumbung suara untuk kandidat partai itu.

"Pencapresan Sultan akan mendapat dukungan warga Yogyakarta," ujar Wakil Ketua II Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat DIY Putut Wiryawan, Rabu (14/05/2014). Menurut dia, Sultan yang juga adalah Gubernur DIY tersebut akan mendapatkan dukungan total dari warganya.

Putut berpendapat pula bahwa mencalonkan Sultan adalah terobosan yang positif di tengah dominasi dua kandidat bakal calon presiden yang saat ini sudah muncul. Terlebih lagi, kata dia, Sultan juga paham betul permasalahan bangsa dan selama ini bijaksana dalam mengambil setiap keputusan.

Soal status kepartaian Sultan, Putut mengatakan Gubernur DIY tersebut sudah bukan lagi pengurus di Partai Golkar. Karena itu, kata dia, kalaupun Partai Golkar tak berkoalisi dengan Partai Demokrat, pencalonan Sultan tak menyalahi keputusan partainya.

"Beliau sudah tidak masuk dalam struktur partai. Saya rasa (pencalonan) itu sangat mungkin," kata Putut. Seperti diketahui, wacana pencapresan raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X, muncul ketika Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie bertandang menemui Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (14/5/2014).

Meski wacana ini langsung mencuat, Kamis (15/5/2014), Sri Sultan menyatakan belum ada komunikasi sama sekali dengan Partai Demokrat. (Baca: "Sri Sultan: Belum Ada Komunikasi Sama Sekali dengan Partai Demokrat!")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com