Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Nunukan Musnahkan Sabu Senilai Rp 5 M Asal Malaysia

Kompas.com - 15/05/2014, 08:07 WIB
Kontributor Nunukan, Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com -- Kepolisian Resor Nunukan Kalimantan Utara memusnahkan barang bukti sabu seberat 2 kilogram. Sabu tersebut merupakan hasil tangkapan kepolisian dari 2 kasus upaya penyelundupan oleh warga Malaysia melalui pelabuhan tradisional di Pulau Sebatik.

“Jumlah yang kami musnahkan kurang lebih 2 kilogram senilai sekitar Rp 5 miliar. Ini dua kasus yang berbeda, (yaitu) 17 dan 24 April 2014," kata Kapolres Nunukan AKPB Robert Silindur Pangaribuan, Rabu (14/5/2014). Dia mengatakan, lokasi penangkapan kedua perkara adalah dermaga Sungai Nyamuk.

Saat ini, kata Robert, dua tersangka penyelundupan sabu tersebut sudah ditahan dan proses hukumnya berjalan. Dia menambahkan, pemusnahan segera dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan penyimpangan di lingkungan personel Polres Nunukan.

Polres ini pernah tersandung kasus penghilangan sabu seberat 1 kilogram, beberapa waktu lalu. "Kami mengantisipasi kalau (tangkapan) besar ini takutnya menjaga barang ini cukup rawan. Jadi ini harus cepat kami musnahkan karena bisa dimanfaatkan, jangan sampailah terjadi," papar Robert.

Dua tersangka kedua kasus datang ke lokasi pemusnahan. Mereka adalah Hadriansyah (30) yang berupaya menyelundupkan 934,4 gram sabu, dan Ramlah (42) dengan upaya penyelundupan 1.001,8 gram sabu.

”Biar mereka menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu mereka juga harus memusnahkan juga agar mereka bisa memiliki rasa dan menolak peredaran narkoba. Supaya ini kita berantas, kita musnahkan itu untuk psikologinya,” ujar Robert soal kehadiran dua tersangka di lokasi pemusnahan.

Selain pemusnahan, sebagai antisipasi kerawanan penyelewengan narkoba di jajaran kepolisian, Robert mengatakan, tes urine sekarang rutin digelar di institusinya. ”Kami tidak akan toleransi terhadap personel yang terlibat, kami akan tindak tegas. Antisipasinya kami lakukan tes urine, termasuk saya dan hasilnya sudah keluar. Berjumlah 157 personel hasilnya alhamdulillah negatif.“

Hingga pertengahan Mei 2014 Polres Nunukan menangani 26 kasus narkoba dengan tersangka sebanyak 30 orang. Dari jumlah tersangka itu, 3 di antaranya warga negara Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com