Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangi Pileg, PDI-P Pimpin DPRD Maluku

Kompas.com - 13/05/2014, 15:24 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) keluar sebagai pemenang pemilu legislatif (Pileg) di Provinsi Maluku setelah mampu meraih dukungan suara terbanyak pada Pileg 9 April 2014 lalu. Dengan kemenangan ini, PDI-P secara otomatis berhak memimpin DPRD Provinsi Maluku masa bakti 2014-2019.

Kemenangan PDIP dalam pemilihan legislatif di Maluku ini merupakan yang pertama kali sejak sistem multipartai diberlakukan di Indonesia.

Sebelumnya, Ketua DPRD Provinsi Maluku selalu dijabat politisi Partai Golkar. Kemenangan PDI-P di Maluku ini setelah KPU Provinsi Maluku menggelar rapat pleno untuk penetapkan perolehan jumlah kursi dan Anggota DPRD terpilih di Kantor KPU Maluku, Selasa (13/5/2014).

Penetapan jumlah perolehan kursi partai politik dan Anggota DPRD terpilih tertuang dalam Surat Keputusan KPU Maluku nomor 289/KPTS/KPU-PROV-028/V/2014. Dalam rapat pleno pentapan itu, PDIP memperoleh 147.159 suara dan memastikan meloloskan 7 wakilnya ke DPRD Provinsi Maluku dan berhak mengajukan salah satu diantaranya sebagai Ketua DPRD Maluku.

Meski mendapatkan 7 kursi, namun jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya yakni 8 kursi. Sedangkan Partai Golkar hanya mendapat 6 kursi sementara sebelumnya mendapat 8 kursi. Sementara itu, Partai Demokrat mendapatkan 6 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, Partai NasDem 4 kursi, Partai Hanura 4 kursi dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 kursi.

Selain itu, Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI) 2 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1 kursi sedangkan Partai Bulan Bintang (PBB) tak memperoleh kursi.

Untuk posisi wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, sesuai hasil penetapan akan dijabat oleh wakil dari Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS. Pleno penetapkan perolehan jumlah kursi dan Anggota DPRD terpilih ini dihadiri juga oleh Bawaslu Maluku, perwakilan seluruh Partai Politik dan juga perwakilan Pemerintah Daerah Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com