Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Nyatakan Kekagumannya pada Tomohon

Kompas.com - 10/05/2014, 11:02 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P Joko Widodo menyatakan kekagumannya terhadap kota Tomohon, Sulawesi Utara. Di sela-sela safari politiknya di pasar tradisional Tomohon, Sabtu (10/5/2014) siang, Jokowi menilai, potensi di bidang pariwisata di kota berjuluk kota bunga tersebut sangat besar.

"Bunga-bunga di Tomohon saya rasa siap, infrastrukturnya pun siap," ujar Jokowi.

Setiap tahun, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Festival Bunga Tomohon. Ribuan jenis bunga dipajang di tepi jalan diselingi iring-iringan rangkaian bunga masyarakat setempat. Jokowi mengungkapkan, festival semacam itu patut menjadi contoh daerah lainnya.

Menurutnya, sebuah kota harus memiliki ciri khasnya masing-masing dengan menonjolkan karakteristik kota. Selain potensi wisatanya, Jokowi pun kagum atas toleransi yang terjadi di kota seluas 114,20 kilometer persegi sekaligus berpenduduk 91.553 jiwa itu. Jokowi menyebut tenggang rasa antara umat beragama di kota itu telah final.

"Semua sudah final, kebhinekaan, kemajemukan. Saya kira tidak perlu lagi dirembuk, dibicarakan, tinggal dijaga saja," lanjutnya.

Kota Tomohon adalah kota kedua yang dikunjungi Jokowi dalam safari politiknya akhir pekan ini selain Manado. Setelah dari dua kota tersebut,Jokowi juga akan bertolak ke Makasar, Sulawesi Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com