Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Pasar Gaul yang Akan Dibangun di Bandung

Kompas.com - 09/05/2014, 16:03 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, tahun ini Kota Bandung akan memiliki satu pasar modern dan gaul yang akan dijadikan percontohan. Pasar itu adalah pasar Sarijadi.

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, pada bulan Juni 2014 mendatang, ground breaking pasar Sukajadi akan dilakukan.

"Kita dahulukan dulu Pasar Sarijadi karena itu paling siap DED-nya (detail engineering design) kurang lebih Juni ground breaking," kata Emil di GOR KONI Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (9/5/2014).

Soal desain, Emil mengatakan, Pasar Sarijadi akan memiliki konsep segar dengan tema "Tropical Architecture" yang dibuat oleh salah satu arsitek ternama di Kota Bandung.

"Desainnya keren menurut saya arsitekturnya dipilih arsitek terbaik, Andra Martin. Kami ingin membuktikan pasar tradisonal itu bisa keren dan gaul tidak mahal," ucapnya.

Di dalam pasar tersebut, lanjutnya, terdapat beberapa fasilitas penunjang yang jarang dimiliki pasar tradisional lainnya. Selain akses WiFi , bangunan tersebut juga akan dilengkapi dengan taman di tengah-tengah pasar yang bisa digunakan oleh pembeli dan pedagang untuk bersantai.

"Temanya arsitektur tropis jadi tidak pakai ac, ada ruang hijau di tengah pasar. Ada tempat nongkrong juga, tadi tidak hanya tempat jualan. Ada (lapangan) futsal juga," terangnya.

"Jadi pasar itu di masa depan segala fungsi dicampur. Di situ juga akan ada kos mahasiswa," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com