Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Mengamuk, Nurwanto Dipasung Keluarganya di Kandang Kambing

Kompas.com - 09/05/2014, 14:43 WIB

PONOROGO, KOMPAS.com -- Nurwanto (26), warga Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terpaksa menghabiskan usia produktifnya dalam pasungan dan ditempatkan di kandang kambing. Buah hati pasangan Kadeni (50) dan Partin (45), warga RT 05, RW 06, Dusun Kayen, Desa Krebet, Kecamatan Jambon, itu hidup dalam pasungan di kandang hewan ternak lantaran kerap mengamuk.

Hal tersebut terungkap saat Wakil Bupati (Wabup) Ponorogo Yuni Widayaningsih berkeliling ke daerah pelosok untuk memberikan penyuluhan kesehatan.

"Saya sudah meminta keluarganya agar Nurwanto diizinkan untuk dirujuk ke RSJ Menur di Surabaya agar beban keluarga bisa terkurangi," tuturnya, Kamis (8/5/2014).

"Nurwanto masih dalam usia produktif. Lebih baik Nurwanto dirujuk ke Menur agar penyakitnya bisa segera sembuh. Pihak keluarga tidak perlu memikirkan biaya karena semua akan ditanggung Pemkab Ponorogo," tambahnya.

Selama ini, kata perempuan yang akrab dipanggil Ida ini, Pemkab Ponorogo memiliki program kegiatan kunjungan ke rumah-rumah penderita gangguan jiwa yang masih dipasung.

Kegiatan ini dilakukan untuk kroscek kegiatan tim medis Dinas Kesehatan dan puskesmas terdekat dalam penanganan kasus gangguan jiwa itu.

"Minimal seminggu mengunjungi empat rumah penderita. Bagi penderita yang masih produktif akan dirujuk ke RSJ Menur dengan teknis jemput kirim. Kami akan mengirim ke Menur sambil menjemput yang sudah sembuh. Untuk yang sembuh akan diserahkan ke pihak keluarga," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com