Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keracunan Jamur Saat Makan Malam, Satu Keluarga Kritis

Kompas.com - 09/05/2014, 14:26 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com -- Setelah mengonsumsi jenis jamur, satu keluarga di Desa Solo, Kecamatan Duaboccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, kritis dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru, Jumat (9/5/2014). Peristiwa ini bermula saat keluarga tersebut makan malam bersama di rumah, Kamis (8/5/2014) sekitar pukul 20.00 Wita.

Selang 10 menit kemudian, keluarga tersebut mengalami mual dan muntah-muntah hingga tak mampu bergerak. Beruntung, kepala keluarga tersebut tengah keluar rumah dan tidak ikut bersantap malam lalu pulang ke rumah menyaksikan seluruh keluarganya tengah terkapar.

Lima orang dalam satu keluarga yang mengalami korban keracunan tersebut adalah Hasnah bersama dengan tiga orang anaknya serta Corana (70), orangtua Hasnah. Menurut Sudarming, suami Hasnah, jamur tersebut dimakan oleh istri, termasuk tiga orang anaknya serta mertuanya.

"Istri, anak, termasuk mertua saya yang makan. Tadi malam saya tidak ada di rumah," ungkap Sudarming saat ditemui di rumah sakit.

Dari informasi yang dihimpun, jamur yang dikonsumsi itu berwarna putih dan berbentuk seperti payung. Sekilas, jamur tersebut berbentuk hampir sama dengan jamur yang biasa untuk konsumsi.

Sementara itu, saat ini kelima korban sudah dirawat intensif di ruang gawat darurat. Dari hasil cek medis sementara, korban memang mengalami keracunan.

"Sementara ditangani medis dan memang ada kandungan zat beracun yang mereka konsumsi," kata Ramly, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) RSUD Tenriawaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com