Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih 65 Ribu Suara, Nono Sampono Lolos ke Senayan

Kompas.com - 06/05/2014, 17:42 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Mantan Komandan Marinir, Nono Sampono dipastikan melenggang ke Senayan sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) setelah berada di posisi aman dengan memperoleh 65.168 suara.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk calon DPD RI dari seluruh kabupaten/kota di Maluku yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Maluku, Nono berada di posisi kedua.

Raihan suara Nono berada di bawah calon incumbent Anna Latuconsina yang juga lolos dengan memperoleh suara terbanyak yakni 107.676 suara.

Nono yang juga mantan Kepala Basarnas ini hanya menang di satu kabupaten yakni di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan meraih dukungan suara terbanyak 13.742 suara. Meski begitu di sejumlah daerah lain dia juga mendapatkan suara yang signifikan, antara lain di Kota Ambon dan Kabupaten Mauku Tengah.

Sulaiman Layn, saksi calon anggota DPD untuk Nono Sampono mengatakan data yang telah ditetapkan KPU Maluku dalam rapat pleno rekapitulasi sama dengan data yang dimiliki data tim.

”Kami bersyukur sekali karena Pak Nono bisa meraih suara terbanyak kedua dengan total suara 65 ribu lebih,” ujarnya.

Dua calon angota DPD RI lainnya yang dipastikan ikut melenggang ke Senayan adalah, Prof.Dr. Jhon Pieris memperoleh 62.716 suara dan La Ode Salimin memperoleh 62.548. Keduanya hanya terpaut beberapa ratus suara dari calon anggota DPD Novita Anakotta yang memperoleh 62.401.

Hasil pleno rekapitulasi Pileg Maluku ini nantinya akan segera disampaikan ke KPU Pusat paling lambat tanggal 7 Mei 2014.

Jika dalam rekapitulasi di tingkat KPU tidak ada lagi perubahan, maka Nono dan ketiga rekan sesama calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Maluku ini dipastikan akan menuju Senayan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com