Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Skywalk Bakal Melintas di Atas Kebun Binatang

Kompas.com - 05/05/2014, 18:43 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Jembatan Bandung Skywalk yang rencananya akan menghubungkan Tamansari dan Cihampelas bakal melintas di atas Kebun Binatang Bandung. Untuk bisa menyesuaikan rencana pembangunan Bandung Skywalk dengan kondisi kebun binatang ke depannya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengunjungi kebun binatang tersebut, Senin (5/5/2014).

"Terkait pembangunan Bandung Skywalk memang ada rute-rute yang harus dicek secara langsung dilapangan dan didiskusikan dengan pengelola (Kebun Binatang) supaya kepentingan masyarakat bisa terpenuhi," kata Ridwan seusai kunjungan.

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, meskipun Bandung Skywalk bakal melintas di atas beberapa kandang satwa di Kebun Binatang, dia berharap hal tersebut tidak sampai mengganggu dan membuat satwa-satwa tersebut menjadi stres.

"Akan didiskusikan dulu gimana baiknya, kalau tidak lihat lapangan susah. Tapi intinya semua kepentingan masyarakat bisa terpenuhi tanpa ada yang terganggu," ujarnya.

Emil menjelaskan, pembangunan Bandung Skywalk yang menelan anggaran daerah sebesar Rp 15 miliar tersebut diupayakan menggunakan teknologi yang bisa meminimalisir tiang pancang. Kalaupun ada yang dibangun di dalam kebun binatang, lanjutnya, tiang pancang tersebut akan dibentuk menyerupai pohon.

Selain itu, Emil memastikan tidak ada pohon yang ditebang saat Bandung Skywalk mulai dibangun tahun ini.

"Desainnya sangat minimalis. Tiang pancangnya tidak banyak, jadi kalau orang jalan tidak terlihat seperti tiang pancang jembatan karena nanti tiangnya ditanami tanaman rambat. Seperti pohon saja. Desainnya juga mengikuti alur tidak lurus. Jembatannya juga menjadi promosi, pariwisatanya juga," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com