Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pinggiran Rel Rawan Longsor Diusulkan Ditanami Pohon

Kompas.com - 05/05/2014, 14:24 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Sepanjang pinggiran jalur rel kereta api yang dinilai rawan tanah longsor di wilayah Kabupaten Tasikmalaya diusulkan untuk ditanami pohon. Dengan demikian, kontur tanah bisa diperkuat.

Rencana ini akan diusulkan ke PT KAI untuk mendapatkan zona yang bisa ditanami pohon. Usulan ini muncul dengan harapan kecelakaan anjloknya kereta api Malabar yang terjadi di Kampung Terung, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya tak terulang lagi.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Bimantoro menyatakan, pihaknya telah merencanakan untuk menanami pohon tersebut. Bahkan dinas sedikitnya telah meyiapkan 350 buah bibit tanaman khusus untuk program ini.

"Kami akan melayangkan surat kepada PT KAI sebagai upaya kordinasi rencana penanaman pohon di bantaran rel, terutama di daerah rawan tanah longsor. Semoga upaya inipun mendapat respon positif," kata Heri, Senin (5/5/2014).

Menurut Heri, tak semua pinggiran rel akan diusulkan untuk ditanami pohon. Penanaman akan dilakukan di titik rawan longsor dengan kemiringan tanah tertentu karena tanah tersebut sangat beresiko longsor ketika curah hujan tinggi. Tanaman paling cocok yakni jenis bambu haur dan picung kluwek.

"Tapi kita memiliki kendala dalam pembibitan tanaman tersebut," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, Kereta Api Malabar tujuan Bandung-Malang anjlok setelah lintasan mengalami longsor, Jumat (4/4/2014) malam. Kejadian ini menyebabkan tiga penumpangnya tewas dan dua orang mengalami luka berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com