Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Minta Warga Gunung Slamet Siaga jika Ada Instruksi Evakuasi

Kompas.com - 02/05/2014, 13:26 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com — Bupati Banyumas Achmad Husein menginstruksikan kepada semua yang masuk dalam tim penanggulangan bencana di bawah koordinasi BPBD Banyumas untuk siaga akan kemungkinan terburuk yang diakibatkan oleh erupsi Gunung Slamet.

"Semua sudah harus mempersiapkan segala hal terkait antisipasi jika sewaktu-waktu ada peningkatan status menjadi Awas. Saat ada instruksi evakuasi, semua lini harus langsung bergerak," ujar Achmad Husein, Jumat (2/5/2014).

Dia meminta kepada semua pihak untuk lebih mengintensifkan informasi dan sosialisasi perihal kesiagaan masyarakat di daerah terdampak.

"Masyarakat juga harus siap ketika ada instruksi untuk evakuasi. Dan juga sosialisasi menjadi sangat penting karena masyarakat nantinya paham akan peta jalur evakuasi dan lokasi pengungsian dan hal-hal yang perlu disiapkan," ungkapnya.

Achmad juga meminta kepada tim saat status masih Siaga dan belum ada instruksi untuk melakukan evakuasi seperti sekarang.

"Kita harus sudah siap lebih awal, termasuk selalu menjaga jangan sampai ada kesimpangsiuran informasi di masyarakat," ujar Bupati.

Bupati meminta para camat dan kepala desa untuk sesegera mungkin mendata semua warganya agar ada pemilahan yang membutuhkan pertolongan khusus seperti lansia, ibu hamil, anak-anak, dan perempuan.

"Bahkan yang kemungkinan sakit jiwa pun harus didata dan segera dikirim. Saya tunggu maksimal sore nanti," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com