Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Geng Motor, Pelajaran Tertib Lalu Lintas Masuk Kurikulum Sekolah

Kompas.com - 01/05/2014, 19:40 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


UNGARAN, KOMPAS.com –- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) Kabupaten Semarang akan memasukkan pelajaran keselamatan dan tertib berlalu lintas pada kurikulum di setiap sekolah.

Penerapan mata pelajaran tertib berlalu lintas tersebut akan diberlakukan setelah penandatanganan nota kesepahaman dengan Satuan Lalu Lintas Polres Semarang yang rencananya ditandatangani tepat pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2014 mendatang.

“Kita melihat banyak pelajar yang sudah menggunakan kendaraan bermotor. Bahkan kita sering mendengar adanya geng motor yang anggotanya anak-anak muda dan melakukan tindak kekerasan. Jadi memang perlu diberikan pembelajaran tentang ketertiban dan keselamatan berlalu lintas sehingga mereka tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif,” kata Kepala Dinas P dan K Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih, Kamis (1/5/2014) siang.

Materi pelajaran berlalu lintas tersebut, menurut Dewi, akan rutin diberikan oleh petugas dari Satlantas Polres Semarang. Pelajaran tersebut akan disisipkan pada jam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). “Pelajaran tersebut akan menggunakan sebagian waktu pelajaran PKn,” kata Dewi.

Sementara itu, perwira Satlantas Polres Semarang, Iptu Yantoro, mengatakan, kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas sebenarnya sudah kerap dilakukan institusi Polri karena sudah menjadi kebijakan dari pusat. Namun, selama ini sifatnya masih situasional.

Dengan adanya pemberian jam pelajaran khusus di sejumlah sekolah, diharapkan materi tertib berlalu lintas dapat mencapai sasaran dan tujuan.

“Kami menyambut baik adanya pelajaran berlalu lintas di sekolah-sekolah. Ini sebagai langkah preventif agar dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas," kata Yantoro.

Ia menambahkan, guna mendukung program tersebut, sejumlah polisi dari Satlantas Polres Semarang dan beberapa guru tengah menjalani pelatihan untuk mengajar berlalu lintas yang digelar Ditlantas Polda Jateng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com